SELAMAT DATANG DI BLOG PRIBADI SAYA
Nama: Kalisal Agusfajar G.
Kelas: A11.4111
NIM : A11.2022.14320
DAFTAR ISI
• Seputar Algoritma
• Seputar Notasi Algoritma
• Seputar Programing
• Seputar Data
• Seputar Type Data
• Seputar Variable
• Seputar Sequence
• Seputar Conditional
• Seputar Loop
• Seputar Array
Dalam perkuliahan studi Teknik Informatika pasti kalian akan bertemu dengan pembelajaran Dasar pemrograman sebagai pembelajaran awal dalam membuat sebuah program.
Dasar pemrograman adalah pembelajaran mengenai dasar-dasar logika dan memecahkan permasalahan suatu algoritma yang terstruktur dalam suatu pemrgoraman.
Di sini saya akan menjelaskan mengenai pembelajaran Dasar pemrograman yang pelajari di kuliah saat ini
ALGORITMA
adalah rangkaian dari instruksi-instruksi yang rumit, yang biasanya digunakan untuk menyelesaikan atau menjalankan suatu masalah komputasi tertentu
NOTASI ALGORITMA
Studi ini menggunakan notasi untuk menulis algoritma dan teks pemrograman, algoritma adalah solusi prosedural untuk masalah notasi algoritmik, agar memudahkan siswa untuk menulis di buku catatan
Teks algoritma terdiri dari
- - Judul
- - Kamus
- - Deskripsi
Judul
Bagian ini merupakan bagian yang terdiri atas nama algoritma dan penjelasan atau spesifikasi algoritma tersebut.
Kamusmerupakan bagian untuk mendefinisikan semua nama yang digunakan pada algoritma dapat berupa variabel, konstanta, tipe ataupun fungsi
merupakan bagian inti pada struktur algoritma yang berisi uraian langkah-langkah penyelesaian masalah.
PROGRAMING
adalah sebuah proses untuk membuat sebuah program di komputer. Entah itu berupa software, website, aplikasi android, dan lain sebagainya.
DATA
Pada dasarnya data merupakan sekumpulan informasi atau juga keterangan– keterangan dari suatu hal yang diperoleh dengan melalui pengamatan atau juga pencarian ke sumber – sumber tertentu.
TYPE DATA
adalah data yang digunakan untuk menentukan nilai dari suatu variabel dalam tipe operasi matematika, maupun logika. Ketika komputer menyimpan data untuk menjalankan program, data tersebut disimpan dalam tipe data tertentu
Type data ada beberapa macam yaitu:
- Boolean
- Bilangan Bulat (Integer)
- Bilangan Rill (Float)
- Karakter (String)
VARIABLEadalah sebuah nama untuk tempat menampung data dan nilai
Syarat-syarat Variable
- Tidak menggunakan space
- Tidak menggunakan karakter khusus
- Tidak boleh menggunakan angka
Contoh: int berat_badanSEQUENCE
adalah urutan yang dijalankan dalam algoritma. Urutan itu menunjukan bahwa tiap perintah yang dikerjakan satu persatu. Perintah tersebut akan dilakukan hanya sekali dan tidak diulang.
CONDITIONAL
Percabangan Adalah perintah yang memungkinkan pemilihan atas perintah yang akan dijalankan sesuai dengan kondisi tertentu.
statement-1
else
statement-2
contoh:
Jika kondisi bernilai 1, maka Statement-1 yang dikerjakan.
Jika kondisi bernilai 0, maka Statement-2 yang akan dikerjakan
Switch case adalah suatu bentuk kondisi percabangan dimana jika suatu kondisi benar(true), maka blok kode bernilai true akan dijalankan.
contoh:
//judul: conditional if else
// kalisal agusfajar g#include<iostream>using namespace std;//kamusint pilih;//deskripsiint main(){ cout<<" Masikan angka case "<<endl; cin>>pilih; switch(pilih) { case 1: { cout<<"satu"<<endl; break; } case 2: { cout<<"dua"<<endl; break; } case 3: { cout<<"tiga"<<endl; } default: { cout<<"gada hari"<<endl; break; } } return 0;}
hasil:
LOOP
looping atau perulangan adalah suatu perintah yang di lakukan lebih dari satu kali dan berulang
Macam-macam looping
a.) Notasi
//judul: pengulangan
//author: kalisal 9 oktobrer
//kamus
x <-- Integer
//deskripsi
x=1
repeat
{
output" SIUUUU ";
x=x+1
}
until(x<6);
b.) Koding
//judul: pengulangan
//author: kalisal
#include<iostream>
using namespace std;
//kamus
int x,y,z;
//deskripsi
int main()
{
x=1;
do
{
cout<<" SIUUUU ";
x=x+1;
}
while(x<6);
c.) Hasil
//judul: pengulangan y/t //author: kalisal 9 oktobrer
//kamus
x<-- integer
//deskripsi
x=1
while(x<6)
{
output" SIUUUU ";
x=x+1
}
b.) Koding
//judul: pengulangan y/t
//author: kalisal 9 oktobrer
#include<iostream>
using namespace std;
//kamus
int x,y,z;
//deskripsi
int main()
{
x=1;
while(x<6)
{
cout<<" SIUUUU ";
x=x+1;
}
}
c.) Hasil
c.) For loop
a.) Notasi
//judul: pengulangan y/t
//author: kalisal
//kamus
x<-- integer
for (x=0; x<6; x++)
{
output" SIUUUU ";
}
b.) Koding
//judul: pengulangan for
//author: kalisal
#include<iostream>
using namespace std;
//kamus
int x;
//deskripsi
int main()
{
for (x=0; x<6; x++)
{
cout<<" SIUUUU ";
}
}
c.) Hasil
ARRAY
array adalah suatu wadah data untuk variable sehingga mempunyai index untuk dapat menyimpan lebih dari 1 data untuk memudahkan agar tidak terlalu banyak menggunakan variable
Fungsi array adalah dapat menampung lebih dari 1 data dengan 1 variable
array dapat diisi dengan acak dan juga dapat tidak diisi
Contoh:
//judul: array
// kalisal agus fajar
#include<iost ream>
using namespace std;
//kamus
int uksepatu[5];
//deskripsi
int main()
{
uksepatu[1]= 40;
uksepatu[0]= 44;
uksepatu[3]= 43;
uksepatu[2]= 45;
uksepatu[4]= 41;
cout<<uksepatu[0];
}
b.) Hasil
CONTOH KASUS
1. bedakan segitiga dengan memasukan nilai sisi
//judul contoh kasus
//kalisal agus
#include<iostream>
using namespace std;
int sisi1,sisi2,sisi3;
char yt;
//deskripsi
int main()
{
a:
cout<<" Panjang sisi 1 : "; cin>>sisi1;
cout<<" Panjang sisi 2 : "; cin>>sisi2;
cout<<" Panjang sisi 3 : "; cin>>sisi3;
cout<<endl;
cout<<"segitiga kamu adalah";
if( sisi1 == sisi2 && sisi2 != sisi3 && sisi1 != sisi3)
{
cout<<" segitiga sama kaki ";
goto c;
}
else if (sisi1<sisi2)
{
cout<<" segitiga lancip";
goto c;
}
else if(sisi1>sisi2)
{
cout<<" segitiga tumpul";
goto c;
}
else if(sisi1<sisi2 && sisi2==sisi3)
{
cout<<" segitiga siku siku";
goto c;
}
else if(sisi1 == sisi2 && sisi1 == sisi3 && sisi2 == sisi3)
{
cout<<" segitiga sama sisi ";
goto c;
}
else
{
cout<<" segitiga sembarang";
goto c;
}
cout<<endl;
c:
cout<<" apakah mau memasukan nilai lagi? (y/t) "; cin>>yt;
switch (yt)
{
case 'y':
goto a;
break;
}
}
hasil;
Link youtube tugas : https://youtu.be/mjAYAGwEUiE
Komentar
Posting Komentar